Minggu, 25 Oktober 2009

GLOBAL WARMING

apa, tuh?
Pemanasan global atau global warming adalah istilah yang dipakai untuk nunjukin kenaikan rata-rata suhu bumi yang sudah enggak wajar.
sebenarnya, bumi kita memang mengalami perubahan suhu. Tapi di masa sekarang kenaikan ini lebih cepat dan enggak alami.
Kenaikan suhu ini disebabkan oleh aktifitas manusia yang banyak memakai bahan bakar fosil dan polusi dari industri manusia. aktifitas ini melepaskan banyak gas berbahaya ke atmosfir yang sering disebut sebagai Gas Rumah Kaca atau GRK.
     Efek dari pemanasan global adalah perubahan cuaca dan iklim di bumi.
cuaca dan iklim
     Dua hal ini berubah banyak banget karena terjadinya pemanasan global. Sama kayak suhu bumi, cuaca dan iklim di bumi sebenarnya selalu berubah sejak jutaan tahun yang lalu. tapi lagi-lagi, perubahan yang terjadi akhir-akhir ini benar-benar di luar kewajaran. Musim kemarau jadi jauh lebih panjang. pagi hari rasanya udah kayak jam 12 siang gara-gara suhu yang panas.
     cuaca adalah gejala alam yang terjadi dan perubahan dalam waktu singkat. 
     iklim adalah suatu keadaan rata-rata cuaca di daerah tertentu.

DAMPAK DARI GLOBAL WARMING (unbeatablefun girl against global warming )
1. Setiap 1% bagian yang rusak dari seluruh luas lapisan ozon akan menyebabkan jumlah kasus kanker kulit naik menjadi 3-5%.
2. Lapisan ozon yang rusak sudah enggak bisa menahan sinar ultra violet lagi. Ini akan menyebabkan meningkatnya resiko kerusakan kornea mata.
3. Sinar ultra violet terbagi dalam tiga tipe yaitu A (UV-A), B (UV-B), dan C (UV-C). Tiga jenis sinar ini bisa merusak lapisan kolagen kulit dan menyebabkan penuaan kulit yang lebih cepat.
4. Jika kulit terlalu banyak terkena sinar UV-A secara langsung maka DNA dalam tubuh kita akan rusak dan kekebalan tubuh bisa terganggu.
5. Perubahan iklim membuat asap yang bisa menyebabkan kematian manusia meningkat.
6. Berkembangnya bakteri salmonella yang bisa meracuni makanan karena suhu bumi yang semakin panas.
7. Meningkatnya penyakit malaria, kekurangan gizi dan diare setiap tahunnya akibat perubahan iklim.

Kejadiannya gimana?
Efek Rumah Kaca ( GRK )
Proses pemanasan global terjadi dalam proses yang disebut efek rumah kaca. Efek rumah kaca berarti proses atmosfer memanaskan sebuah planet, dalam hal ini bumi.
Bumi menerima pancaran energi dari cahaya matahari tapi cahaya ini terus melewati lapisan atmosfer dulu. Di atmosfer, ada gas yang biasa disebut sebagai Gas Rumah Keca (GRK) kayak karbon dioksida, metana, dan dinitroksida yang bisa menehan cahaya matahari supaya bumi kita tetap hangat. Selain ditangkap oleh GRK di atmosfer, sebanyak 45% dari cahaya yang masuk juga diserap oleh bumi dan 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi. Cehaya ini dipantulkan lagi dalam bentuk radiasi.
     Naaah, masalahnya... karena sudah terlalu banyak GRK di atmosfer, maka radiasi ini akan dipantulkan lagi ke bumi.dan inilah yang bikin bumi kita makin panas dari tahun ke tahun.

SEMOGA BERGUNA N NENAMBAH WAWASAN OKEY...!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar